REVIEW JURNAL TEKNIK INFORMATIKA/SISTEM INFORMASI
5
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA/ SISTEM INFORMASI
1.
Perancangan
e-Learning Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Fakultas
Teknik Universitas Negeri Manado
Oleh: Wensi Ronald Lesli Paat1
Sondy Campvid Kumajas2
“Universitas Negeri Manado”
2.
PENGARUH
TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KECERDASAN (INTELEKTUAL, SPIRITUAL, EMOSIONAL DAN
SOSIAL) STUDI KASUS: ANAK-ANAK
Oleh: Gilang
Wisnu Saputra, Muhammad Aldy Rivai, Mawaddatus Su’udah, Shepty Lana Gust
Wulandari, Tyas Rosiana Dewi, Fitroh
“Universitas
Islam Negeri Jakarta”
3.
RANCANG
BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PETERNAK AYAMPADA KOPERASI SINAR MULYA
MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 2010 .NET
Oleh: Ade
Bastian, Tri Ferga Prasetyo, Nia Kurniati
“Universitas
Majalengka”
4.
Analisis
Model IT Menggunakan Balanced Scorecard Untuk Pengembangan Sistem Teknologi
Informasi
Oleh: Rahmadi
Wijaya, S.Si., MT.
“STIMIK CIC”
5.
Sistem
Informasi Meramalkan Penjualan Barang Dengan Metode Double Exponential
Smoothing (Studi kasus: PD. Padalarang Jaya)
Oleh: Annastasya
Lieberty , Radiant V. Imbar
“Universitas
Kristen Maranatha Bandung”
5
JURNAL INTERNASIONAL TEKNIK INFORMATIKA/ SISTEM
INFORMASI
1.
Interpersonal
Skills Learning in Information System Dept.: Developing Soft skills and Caring
Attitude in the Information Technology Education
Oleh: Faza
Faikar Cordova, Erma Suryani
2.
SPC
ALGORITHM APPLICATION WITH FUZZY TO MONITORING PLANT BY ONLINE
Oleh: Rina
Krisnayana, Katherin Indriawati, Totok Ruki Biyanto
3.
THE
IMPLEMENTATION OF ACTIVE DATABASES FOR MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM OF HIGHER
EDUCATION INSTITUTION
Oleh: Wijayanti Nurul K , Dini Adni
Navastara , Nurul Fajrin A. , Umi Lalily Yuhana
4.
The
Utilization of Information Systems for Supply Chain Management for Small and
Medium Enterprises
Oleh: Erma
Suryani, Bambang Setiawan, Ahmad Mukhlason, Renny Pradina Kusumawardani, Hanim
Maria Astuti
5.
A
Genetic Algorithm-Based Classification Approach For Multicriteria AVC Analysis
Oleh: Hadhami
Kaabi, Khaled Jabeur and Talel Ladhari
Review Jurnal Teknik Informatika/Sistem Informasi
1. Pengaruh Teknoligi Informasi Terhadap
Kecerdasan (Intelektual, Spiritual, Emosional Dan Sosial) Studi Kasus:
Anak-anak
Tujuan
Penelitian
|
Untuk mengetahui bagaimana dampak
dan pengaruh dari Teknologi Informasi tehadap anak-anak
|
Subjek
Penelitian
|
Anak-anak
|
Metode
Penelitian
|
Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode Kuantitatif Deskriptif dengan pengambilan data
menggunakan kuisioner
|
Hasil
Penelitian
|
Penulis memaparkan bahwa
Penggunaan Teknologi Informasi memiliki dampak yang positif dan juga dampak
yang negative tergantung pada bagaimana penggunuanya memanfaatkannya, tak
terkecuali anak-anak
|
Kelebihan
|
Dari jurnal ini penulis
menjelaskan dengan rinci segala aspek yang mempengaruhi kecerdasan anak-anak
yang telah dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan Teknoligi Informasi
|
Kekurangan
|
Pembahasan yang terlalu panjang
membuat pembaca tidak ingin membaca keseluruhannya tetapi hanya poin-poin
pentingnya saja
|
2.
Rancang
Bangun Sistem Informasi Manajemen Peternakan Ayam Pada Koperasi Sinar Mulya Menggunakan
Microsoft Visual Basic 2010.NET
Tujuan Penelitian
|
Tujuan dari penelitian ini adalah agar
para anggota koperasi dapat dengan mudah mengelolah data dan informasi yang
ada dan mampu menanggulangi kendala-kendala yang ada yang dialami oleh para
anggota koperasi
|
Subjek Penelitian
|
Anggota Koperasi
|
Metode Penelitian
|
Metode yang digunakan dalam penelitian
ini dimulai dengan Ovservasi, kemudian penelitian dan juga analisa data dalam
hal ini menganalisa data yng sedang berjalan dan menganalisa data yang
diusulkan. Kemudian ada proses pembuatan yaitu dokumen dan aplikasi itu
sendiri.
|
Hasil Penelitian
|
Hasil penelitian ini dirumuskan dalam
Use Case Diagram, Activity Diangram, Class diagram dan State Chart Diagram
yang kemudian menghasikan menu-menu yang tersedia pada aplikasi yang mengacu
pada diagram-diagram yang telah dibuat sebelumnya dari menu-menu itu sendiri
kita dapat mengakses data-data yang ada dan dapat dengan mudah melihat apa
saja informasi yang tersedia dalam aplikasi tersebut.
|
Kekuatan
|
Penulisan yang tidak panjang membuat pembaca tidak
cepat bosan dalam membacanya
|
Kelemahan
|
Penulis yang tidak menjelaskan secara rinci mulai
dari Metode penelitian sampai pada Pembahasan dari hasil penelitian kemudian
pada diagram yang dibuat tidak dijelaskan dengan rinci kegunaannya membuat
pembaca sulit mengerti apa yang disampaikan dalam jurnal ini.
|
3.
Perancangan
e-Learning Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado
Tujuan
Penelitian
|
Untuk mengetahui apa maksud dan tujuan dari
rancangan ini. Dan mengatehui bagaimana dampaknya dalam proses perkuliahan.
|
Subjek
Penelitian
|
Dosen dan Mahasiswa
|
Metode
Penelitian
|
Metode penelitian yang digunakan
adalah :
1. Metode
penelitian kepustakaan
Metode ini digunakan untuk mencari
simber pustaka yang berkaitan dengan perangkat lunak yang dibuat dan membantu
mempertegas teori yang ada
2. Metode
penelitian dan pengembangan serta metode pembangunan perangkat lunak dengan
mengintegrasikan fungsi-fungsi dalam proses belajar mengajar seperti saran
informasi yang up to date, pengunduhan materi, pengumpulan tugas, ujian
online maupun forum baik itu forum umum ataupun forum kelas.
3. Metode
wawancara
Metode ini digunakan untuk mengumpukan
data dengan melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang akan terlibat dalam
Project ini. Wawancara ini juga dilakukan dalam beberapa tahap yang tujuannya
untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan tsb.
4. Metode
Pengamatan Berpartisipasi
Metode ini dilakukan dengan cara
peneliti melakukan pengamatan langsung dilapangan untuk mengamati dan
mengumpulkan daya yang ada di PRODI PTIK UNUMA.
5. Dokumentasi
Metode ini dilakukan untuk
mengumpulkan data yang berkaitan dengan Konsep e-Learning.
6. Pengumpulan
data dengan alat-alat elektonis.
Metode ini dilakukan dengan
mengumpulkan data yang berhubungan dengn audio visual.
|
Hasil
Penelitian
|
Melalui analisa dan metode yang digunakan
penge,bangan system pembelajaran dimulai dengan melakukan pengamatan terhadap
system yang sedang digunakan. Analisis ini dilakukan melalui pengamatan dan
diskusi dengan pihak terkait. Hasil dari analisis ini diterjemahkan kedalam
bentuk perangkat lunak yang dapat mewakili system yang ada. Adapun e-Learning
yang akan dibangun diharapkan agar supaya dapat menjadi pelengkap yang dapat
dimanfaatkan dengan baik dalam kegiatan proses pembelajaran di Prodi PTIK UNIMA.
|
Kelebihan
|
Penulis menjelaskan secara rinci apa saja yang
diperlukan dalam pengembangan E-Learning di Prodi PTIK UNIMA
|
Kekurangan
|
Dalam jurnal ini hampir tidak kelihatan dimana
letak kekurangannya karena penilis menjelaskan dengan sangat rinci semua
informasi yang ada.
|
Komentar
Posting Komentar